sifat kebudayaan


                                Sifat Kebudayaan
1.      Kebudayaan bersifat universal akan tetapi perwujudan kebudayaan memiliki ciri-ciri khusus yang sesuai dengan situasi maupun lokasinya. Masyarakat dan kebudayaan adalah dwi tunggal yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini mengakibatkan masyarakat memiliki kebudayaan contohnya arif dari indonesia dan james dari inggris sama-sama memiliki kebudayaan (bersifat universal) namun arif memiliki pola prilaku untuk menerima sesuatu dengan selalu menggunakan tangan kanan, Sementara james memiliki pola prilaku untuk menerima sesuatu dengan tangan kiri (ciri khusus kebudayaan).
2.      Kebudayaan bersifat stabiil dan dinamis. Setiap kebudayaan pasti akan mengalami perubahan / perkembangan, misalnya corak pakaian zaman dahulu dan sekarang pasti berbeda. Umumnya unsur kebendaan seperti teknologi lebih terbuka untuk sebuah proses perubahan, dibandingkan dengan unsur rohani seperti moral dan agama.

3.      Kebudayaan cenderung mengisi dan menetukan jalannya kehidupan manusia walaupun jarang disadari oleh manusia sendiri. Kebudayaan merupakan atribut manusia, betapa sulit bagi seseorang untuk mengetahui seluruh unsur-unsur kebudayaan yang didukung oleh masyarakat contohnya jarang kita temukan orang yang berasal dari indonesia hingga sekecil-kecilnya. Padahal kebudayaan tersebut menentukan arah serta perjalanan hidupnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel bahasa inggris tentang pendidikan islam

penjelasan hadits tentang larangan menelantarkan tanah

penjelasan Hadits Tentang Pohon yang Ditanam yang Dimakan Adalah Sedekah