Program Caturwulan


                        Program Caturwulan
            Pada dasarnya yang menjadi isi dari program caturwulan adalah apa yang tercantum dalam GBBP, tetapi beberapa pengaturan kembali serta perluasan dan kelengkapan sehingga membentuk suatu program kerja pengajaran. Adapun unsur-unsur yang biasanya terkandung dalam program suatu caturwulan tertentu meliputi ;
a.       Tujuan
Tujuan yang dicantumkan dalam program caturwulan adalah tujuan-tujuan yang masih bersifat umum yang diangkat dari GBBP, yaitu tujuan kurikuler dan instruksional umum.
b.      Pokok/Satuan Bahasan
Pokok/Satuan bahasan menunjukan judul materi pelajaran yang akan dipelajari/diajarkan dalam satu caturwulan yang bersangkutan. Pokok/suatu bahasan tersebut diambil dari GBBP tanpa/dengan beberapa penyesuaian dan pengaturan kembali oleh guru yang bersangkutan.
c.       Metode Mengajar
Sekalipun masih bersifat tentatif atau sementara, dalam program caturwulan hendaknya dicantumkan pula metode-metode mengajar yang direncanakan akan digunakan dala,m mengajarkan setiap pokok/satuan bahasan yang telah ditetapkan.
d.      Media dan Sumber
Disamping metode mengajar, untuk setiap pokok/satuan bahasan dicantumkan media/alat bantu dan buku sumber yang digunakan. Pencantuman buku sumber meliputi nama penulis, nama buku, tahun dan penerbit, dan juga bagian atau bab yang diacu dalam pengajaran pokok/satuan bahasan yang bersangkutan.
e.       Evaluasi pengajaran
Dalam program caturwulan tersebut hendaknya terlihat pula kegiatan-kegiatan evaluasi yang dilaksanakan diluar masing-masing pokok/satuan bahasan, seperti evaluasi/tes sumatif dan evaluasi/tes subsumatif.
f.       Waktu

Untuk setiap pokok/satuan bahasan dan kegiatan evaluasi dalam caturwulan yang bersangkutan, perlu dicantumkan pula jumlah waktu yang dialokasikan, sehingga sejak awal sudah dapat diketahui apakah program caturwulan yang dibuat itu dapay diselesaikan pada waktunya. Jika melebihi waktu yang tersedia, maka perlu diadakan penyesuaian-penyesuaian dalam materi ataupun alokasi waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel bahasa inggris tentang pendidikan islam

penjelasan hadits tentang larangan menelantarkan tanah

penjelasan Hadits Tentang Pohon yang Ditanam yang Dimakan Adalah Sedekah