Program Caturwulan
Program Caturwulan
Pada dasarnya yang menjadi isi dari
program caturwulan adalah apa yang tercantum dalam GBBP, tetapi beberapa
pengaturan kembali serta perluasan dan kelengkapan sehingga membentuk suatu
program kerja pengajaran. Adapun unsur-unsur yang biasanya terkandung dalam
program suatu caturwulan tertentu meliputi ;
a.
Tujuan
Tujuan yang dicantumkan dalam program caturwulan adalah
tujuan-tujuan yang masih bersifat umum yang diangkat dari GBBP, yaitu tujuan
kurikuler dan instruksional umum.
b.
Pokok/Satuan
Bahasan
Pokok/Satuan bahasan menunjukan judul materi pelajaran yang akan
dipelajari/diajarkan dalam satu caturwulan yang bersangkutan. Pokok/suatu
bahasan tersebut diambil dari GBBP tanpa/dengan beberapa penyesuaian dan
pengaturan kembali oleh guru yang bersangkutan.
c.
Metode
Mengajar
Sekalipun masih bersifat tentatif atau sementara, dalam program
caturwulan hendaknya dicantumkan pula metode-metode mengajar yang direncanakan
akan digunakan dala,m mengajarkan setiap pokok/satuan bahasan yang telah ditetapkan.
d.
Media
dan Sumber
Disamping metode mengajar, untuk setiap pokok/satuan bahasan
dicantumkan media/alat bantu dan buku sumber yang digunakan. Pencantuman buku
sumber meliputi nama penulis, nama buku, tahun dan penerbit, dan juga bagian
atau bab yang diacu dalam pengajaran pokok/satuan bahasan yang bersangkutan.
e.
Evaluasi
pengajaran
Dalam program caturwulan tersebut hendaknya terlihat pula
kegiatan-kegiatan evaluasi yang dilaksanakan diluar masing-masing pokok/satuan
bahasan, seperti evaluasi/tes sumatif dan evaluasi/tes subsumatif.
f.
Waktu
Untuk setiap pokok/satuan bahasan dan kegiatan evaluasi dalam
caturwulan yang bersangkutan, perlu dicantumkan pula jumlah waktu yang
dialokasikan, sehingga sejak awal sudah dapat diketahui apakah program
caturwulan yang dibuat itu dapay diselesaikan pada waktunya. Jika melebihi
waktu yang tersedia, maka perlu diadakan penyesuaian-penyesuaian dalam materi
ataupun alokasi waktu.
Komentar
Posting Komentar