globalisasi dan ciri cirinya


                        GLOBALISASI
Globalisasi diambil dari kata global yang artinya universal (mendunia) dan globalisasi adalah istilah yang memiliki dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas suatu negara menjadi semakin sempit. Dan ada juga yang berpendapat bahwa globalisasi adalah proses dimana antar individu, antar kelompok dan negara saling berinteraksi bergantung mempengaruhi satu sama lainnya.
Menurut lodge (1991) gloalisasi adalah proses menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu dengan yang lainnya.
Peter ducker juga berpendapat bahwa globalisasi adalah zaman transformasi sosial ( proses yang berada dijantung ekonomi sosial ).
Adapun ciri-ciri globalisasi sebaga berikut ;
1.      Perubahan dalam konsep ruang dan waktu contohnya perkembangan telepon, komunikasi itu terjadi secara cepat karena adanya telepon.
2.      Pasar dan produksi ekonomi dinegara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan, perdagangan internasional dan dominasi organisasi.
3.      Peningkatan interaksi kultular melalui perkembangan medi masa ( terutama televisi, film, musik dan olahraga internasional ) pada saat ini kita dapat mengonsumsi dan pengalaman baru mengenai beraneka ragam budaya, misalnya yaitu bidang fashion dan makanan.

4.      Meningkatnya masalah bersama dengan ekonomi, inflasi, lingkungan, AIDS, narkoba dan terorisme.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel bahasa inggris tentang pendidikan islam

penjelasan hadits tentang larangan menelantarkan tanah

penjelasan Hadits Tentang Pohon yang Ditanam yang Dimakan Adalah Sedekah