kebudayaan dan fungsinya


                                Kebudayaan
            Kata kebudayaan berasal dari bahasa sanksekerta buddhayah, bentuk jama dari buddhi yang berarti budi atau akal. Menurut Edward B Taylor melihat kebudayaan sebagai hal yang komleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kemampuan-kemampuan, kebiasaan-kebiasaan atau semua hal yang dimiliki oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Wujud kebudayaan diantaranya adalah artefacts atau benda-benda fisik, sistem tingkah laku, sistem gagasan, dan sistem yang ideologis.
            Unsur kebudayaan menurut C. Kluckhohn didunia ini terdapat 7 unsur kebudayaan yang sifatnya universal yaitu ; Sistem religi, sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem mata pencaharian hidup/sistem ekonomi, sistem teknologi / perlengakapan atau peralatan hidup.
            Karakteristik kebudayaan adalah kebersamaan, hasil belajar, kebudayaan yang berdasarkan pada lambang. Dan kebudayaan yang bersifat abstrak diantaranya tata cara kawin, aturan bahasa, adat istiadat. Lalu ada kebudayaan benda adalah yang dihasilkan oleh tangan manusia misalnya wayang golek, wayang kulit.
            Fungsi kebudayaan sebagai berikut :
1.      Hasil karya manusia melahirkan teknologi / kebudayaan kebendaan. Dan ada 2 manfaat dari teknologi : melindungi masyarakat dari ancaman lingkungan, memberikan pengertian kepada alam.
2.      Sebagai karsa masyarakat yang merupakan perwujudan norma dan nilai-nilai sosial. Nilai itu ada 3 macam :
·        Nilai otonom ; bersumber dari tuhan
·        Nilai theonom ; bersumber dari masyarakat
·        Nilai theronom ; bersumber dari individu

3.      Kebudayaan terdapat pola-pola prilaku yang merupakan cara masyarakat bertindak dan harus diikuti oleh semua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel bahasa inggris tentang pendidikan islam

penjelasan hadits tentang larangan menelantarkan tanah

penjelasan Hadits Tentang Pohon yang Ditanam yang Dimakan Adalah Sedekah