karya-karya ikhwan as-shafa

Karya-karya Ikhwan As- Shafa’
Ikhwan As-Shafa’ menghasilkan  -sebagai magnum opus (masterpiece) yang terhimpun ke dalam sebuah kumpulan tulisan yang terdiri dari 52 risalah dengan keluasan dan kualitas  beragam yang mengkaji subjek-subjek berspektrum luas yang merentang dari musik sampai sihir. Tekanannya bersifat amat didaktik, sedangkan kandungannya sangat elektrik. ini memberikan cerminan pedagogis dan kultural zaman mereka serta beragam filsafat dan kredo masa itu.
            Rasail dibagi menjadi 4 bagian utama; 14 terfokus pada ilmu matematis, 17 membahas ilmu kealaman, 10 berhubungan dengan ilmu psiklogis dan intelektual, dan 11 mengakhiri empat jilid edisi Arab terahir dengan memusatkan perhatian pada apa yang disebut metafisika atau ilmu teologis.
            Aspek utama Rasa’il  adalah bagian utamanya yang menampilkan perdebatan panjang antara manusia dan para utusan dari kerajaan binatang, ini mengisi sebagian besar Risalah ke 22 yang berjudul On How the Animals and Their Kinds are Formed (Netton,1982:2). Bagian ini telah ditelaah secara ilmiah, dianalisis serta diterjemahkan oleh L.E.Goodman(1978).
          Karya yang erat hubungannya dengan Rasa’il adalah al-Risalat al-Jam’iah (Risalah Komprehensif) yang merupakan sebuah summerium (Ringkasan) dari Rasa’il. Karya ini pun dimaksudkan hanya diedarkan untuk kalangan sendiri, yakni dikalangan para anggota kelompok saja. Banyak informasi ilmi’ah yang tidak termaktub dalam Jam’iah, yang pada aslinya informasi tersebut merupakan tulang punggung Rasa’il, dan dalam informasi ini pula gagasan-gagasan yang dimaksudkan oleh Ikhwan al-Shafa untuk disuntikan kepada para pengikut mereka diungkapkan dengan lebih jelas dan lengkap.
           Selanjutnya Jami’ah pun diringkas dalam Risalat al-Jami’ah al- Jami’ah au al- Zubdah min Rasa’il Ikhwan al Shafa (Kondensasi dari Risalah Komprehensip atau Krim dari Rasail Ikhwan al- Shafa), yang juga dinamai al- Risalat al- Jami’ah. Informasi Ilmiah dan Juga beberapa bab dari Rasa’il tidak dicantumkan dalam karya ini, sedangkan interpretasi esoteris dan simbolis tentang ayat-ayat al-Qur’an disajikan secara gamblang.
           Dari isi ensiklopedi tersebut kita dapat mengetahui bahwa Ikhwan al-Shafa mencoba melakukan penjelasan-penjelasan yang terkait dengan agama dan ilmu pengetahuan (filsafat dan sains).

Banyak pendapat yang mendiskreditkan Rasâ’ilsebagai bentuk yang halus dari propaganda sekte Syiah Ismailiyyah untuk merebut kekuasaan Sunni Baghdad. Thaha Husein misalnya menyebutkan, secara politis propaganda-propaganda mereka bertujuan untuk melakukan perombakan atau kudeta wacana di tingkat masyarakat untuk memperkuat basis perebutan kekuasaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel bahasa inggris tentang pendidikan islam

penjelasan hadits tentang larangan menelantarkan tanah

penjelasan Hadits Tentang Pohon yang Ditanam yang Dimakan Adalah Sedekah