masyarakat multikultural

Masyarakat Multikultural
 Masyarakat multikultural mengandung kesederajatan antar kelompok sosial dan masyarakat ini terdiri dari kelompok sosial yang berdasarkan suku bangsa, kelas sosial, agama, jenis kelamin, mayoritas dan minoritas. Setiap kelompok mengembangkan sistem norma dan kebudayaannya masing-masing. Keanekaragaman sistem norma dan budaya inilah yang merupakan benih-benih multikulturalisme. Jadi masyarakat multikultural dapat dimengerti sebagai masyarakat yang terdiri atas bberagam kelompok sosial dengan sistem norma dan kebudayaan yang berbeda-beda. Masyarakat multikultural merupakan bentuk dari masyarakat modern yang anggota terdiri atas berbagai golongan suku, etnis (suku bangsa), ras, agama dan budaya. Menurut Pierre L Van dan berghe keanekaragaman dalam masyarakat memilki beberapa karakteristik sebagai berikut:
1. Terjadinya segmentasi atau pembagian kedalam kelompok-kelompok yang sering kali memiliki subkebudayaan yang berbeda satu sama lain.
2. Memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi kedalam lembaga-lembaga yang bersifat nonkomplementer (tidak saling melengkapi)
3. Kurang mengembangkan konsensus (kesepakatan) diantara para anggotanya terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar
 4. Secara relatif, seringkali terjadi konflik antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya
5. Secara relatif, integrasi sosial tumbuh diatas paksaan (coercion) dan saling ketergantungan dalam bidang ekonomi
6. Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel bahasa inggris tentang pendidikan islam

penjelasan hadits tentang larangan menelantarkan tanah

penjelasan Hadits Tentang Pohon yang Ditanam yang Dimakan Adalah Sedekah